Jenis Penyebab Haid Tidak Lancar

Menstruasi yang tidak lancar seringkali menimbulkan rasa khawatir pada sebagian wanita yang mengalami hal serupa. Kondisi yang satu ini dapat berubah siklus menstruasi yang memendek atau bahkan memanjang, banyak sekali penyebab haid tidak lancar yang dialami oleh sebagian wanita.

Apa saja jenis penyebab haid tidak lancar?

  • Menopause

Menstruasi sendiri adalah proses meluruhnya dinding rahim yang disertai keluarnya darah pada vagina siklusnya biasanya berlangsung antara 28 sampai 36 hari. Sedangkan menstruasi itu sendiri pada umumnya terjadi sekitar 3 sampai 7 hari, walau pada beberapa orang bisa lebih.

Kalau begitu setiap wanita mempunyai siklus menstruasi yang cukup berbeda-beda bisa lebih pendek atau justru lebih panjang. Dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau malah lebih dari 35 hari, hal ini sering sekali dialami oleh kebanyakan wanita.

Haid tidak lancar juga bisa dilihat dari volume darah yang tidak sama atau bahkan kadang banyak dan kadang sedikit juga merupakan salah satu bentuk menstruasi yang tidak lancar.

Menstruasi tidak lancar terjadi pada tahun pertama setelah seseorang memasuki pubertas karena kondisi ini biasanya disebabkan oleh hormon yang cenderung belum seimbang. Apabila menstruasi tidak lancar tetap terjadi setelah melalui tahun pertama maka kondisi ini dapat dikatakan sebagai menstruasi dan normal.

Salah satu penyebab haid tidak lancar adalah menopause, biasanya wanita yang menjelang menopause pada umumnya mendapat menstruasi yang tidak lancar. Hal tersebut terjadi karena produksi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur.

  • Kehamilan

Hamil atau kehamilan pada umumnya ditandai dengan terhentinya menstruasi namun jika anda mengalaminya ada dapat memeriksakan diri kepada dokter untuk memastikan Apakah anda hamil atau tidak. Karena dokter biasanya akan merekomendasikan tes kehamilan dan USG untuk anda

  • Alat Kontrasepsi

tak hanya itu saja karena pemakaian alat kontrasepsi seperti spiral atau pil KB memang bisa berpengaruh terhadap perubahan siklus menstruasi. Spiral dapat menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau nyeri perut pada saat menstruasi tersebut datang.

Sementara itu pemakaian pil KB dapat menyebabkan sedikitnya darah menstruasi yang keluar terutama pada awal masa pemakaian. Atau bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali hingga 6 bulan, hal tersebut adalah hal yang cukup normal ketika Anda memakai alat kontrasepsi.

  • Pola Hidup

menstruasi juga bisa menjadi tidak lancar dapat disebabkan oleh aktivitas olahraga yang biasanya berlebihan. Juga disebabkan oleh penurunan berat badan secara drastis karena diet atau berat badan berlebih seperti obesitas, hal yang satu ini dapat menyebabkan hipogonadisme di dalam tubuh anda

Hipogonadisme adalah berkurangnya hormon reproduksi yang bertugas untuk mengatur siklus menstruasi, hormon yang satu ini wajib anda miliki sebagai wanita. Selain itu juga terdapat stres yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi anda.

  • PCOS

Masalah selanjutnya adalah sindrom ovarium polikistik yang merupakan kelainan hormonal yang terjadi pada wanita. Masalah satu ini dialami oleh wanita dan pada umumnya periode menstruasi akan sangat jarang atau justru berkepanjangan setiap waktunya.

Abnormal yang satu ini dapat terjadi kepada proses pelepasan sel telur yang menyebabkan wanita penderita sindrom ovarium polikistik tidak mengalami menstruasi atau mengalami menstruasi namun darah yang keluar hanya sedikit saja.

  • Masalah Pada Tiroid

Kelenjar tiroid juga terdapat pada bagian leher dan sangat berfungsi untuk memproduksi hormon agar lebih teratur menjaga metabolisme tubuh. Apabila kelenjar tiroid bermasalah maka menstruasi juga akan berpengaruh dan Anda harus mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter.

Selain daripada itu menstruasi tidak lancar juga dapat disebabkan oleh gangguan makan atau konsumsi obat-obatan tertentu serta tingginya kadar prolaktin dalam darah hingga penyakit diabetes yang tidak terkontrol.

Anda juga dapat dengan mudah merencanakan kehamilan walaupun periode menstruasi tidak teratur caranya adalah dengan mengkonsumsi kan kepada dokter agar anda mendapat penanganan yang tepat. Banyak sekali cara ketika anda menemukan haid tidak lancar, dan ini mudah diikuti.

Caranya adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi jauh lebih sehat dan mengelola stres dengan baik, Anda juga dapat mengganti alat kontrasepsi yang digunakan apabila setelah 3 bulan penggunaan menstruasi tetap tidak lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *